Sabtu, 08 Oktober 2011

KOPLING

Pada waktu kendaraan berhenti. Apabla tenaga mesin yang sangat besar dan sedang berputar di pindahkan ke roda-roda penggerak maka kendaraan akan melompat sebaliknya mesin akan mati jika tenaga mesin terlalu kecil oleh sebab itu, agar pemindahan tenaga dari mesin ke roda penggerak langsung dengan lembut di perlukan suatu alat yang di sebut kopling, kopling merupakan salah satu komponen pemindah tenaga yang mutlak di perlukan pada kendaraan bermotor yang di tempatkan di antara mesin dan transmisi.
           Kopling berfungsi untuk :
a.     Memutus dan mengubungkan putaran mesin ke transmisi
      b.Memperlembut pemindahan roda gigi pada transmisi
      c.Memperlembut  gerakan awal jalannya kendaraan
MACAM-MACAM KOPLING
Secara garis besar kopling dapat di bedakan sbb :
1.     Kopling magnet
2.     Kopling fluida
3.     Kopling sentrifugal
4.     Kopling gesek
       a.model plat à basah dan kering
                              b.model kerucut
KONSTRUKSI KOPLING
           Jenis kopling plat tunggal kering banyak di gunakan pada mobil. Jika di lihat dari pegas yang di pakai dapat di bedakan menjadi 2 yaitu :
1)    Kopling dengan pegas koil
2)    Kopling dengan pegas diafragma
Kopling mempunyai komponen-komponen sebagai berikut :
1)    Plat kopling
Terbuat dari asbes ferodo yang tahan panas dan tahan aus. Plat kopling ini di tempatkan di antara roda penerus dengan plat penekan. Pada plat kopling juga di lengkapi dengan pegas torsi yang berguna untuk meredam getaran pada saat terjadi hubungan antara roda penerus dan plat penekan.
2)    Plat penekan ( pressure plate )
Berfungsi untuk menekan plat kopling terhadap roda penerus plat penekan ini terbuat dari besi tuang spesial yang tahan terhadap panas dan keausan permukaan plat penekan harus slalu rata agar  Penekannannya kuat.
3)    Bantalan pembebasan ( release bearing )
Bantalan pembebas ni dapat bergerak maju mundur  di dalam rumah kopling sehingga mengakibatkan plat penekan dapat memutus dan menghubungkan plat kopling dengan roda penerus
4)    Pegas ( spring )
Baik pegas koil maupun pegas diapragma berguna untuk menekan plat kopling. Koling pegas diafragma mempunyai banyak keuntungan di bandingkan dengan pegas coil.
Oleh karena itutype kopling pegas diafragma banyak di pakai pada kendaraan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar