perbaikan engine mechanical
Perbaikan engine mechanical
Test : mesin harus pada temperatur kerja(80-90)derajat celcius
Pedal gas ditekan penuh
Kabel tekanan tinggi pada koil dilepas
Nama alat: KOMPRESI TESTER
Pengukuran:
Pengukuran/silinder | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | 10 | 11 | 10 | 8 |
2 | 9 | 10 | 9 | 7 |
3 | 9 | 9 | 9 | 7 |
Rata-rata | 9,3 | 10 | 9,3 | 7,3 |
Kijang 4k : 11 kg/cm2
Limit : 9 kg/cm2
Dikarenakan rata” tekanan kompresi pada silinder 4 dibawah limit : maka kemungkinan kerusakan yaitu:
1. Ring aus
2. Silinder/liner aus
3. Katup tidak rapat
4. Packing head bocor
5. Head tidak rata
Pemeriksaan kepala silinder
Periksa kerataan
Menggunakan straight edge dan thickness gauge,ukur kebengkokan permukaan kepala silinder k silinder dan manifold.
Spesifikasi:
Sisi blok silinder : 0,05 mm
Sisi manifold : 0,10 mm
Ket : jika kebengkokan melebihi spesifikasi , ganti kapala silinder / di scrap.
Periksa keretakan
Menggunakan dye penetrant,periksa keretakan ruang bakar,saluran masuk,saluran keluar dan permukaan yang menampeel pada blok silinder.
Apabila ada keretakan gantilah kepala silinder nya .
Periksa batang katup dan bushing
a. Menggunakan caliper gauge , ukur diameter dalam bushing pengantar.
Spesifikasi: diameter dalam bushing pengantar:
8.010-8.030mm
b. menggunakan micrometer , ukur diameter batang katup .
spesifikasi:
katup masuk: 7.951-7.991mm
katup buang: 7.960-7.986mm
c.hitung selisih antara hasil ukur diameter bushing pengantar dengan diameter batang katup.
Celah oli :
masuk | buang | |
standar | 0.019-0.079 | 0.024-0.075 |
maksimum | 0.08 | 0.10 |
Apabila celah oli melebihi nilai maks , ganti katup dan bushing pengantar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar